My Skincare Routine For Oily Skin

By siska Pariska - August 16, 2019

Hai hai hai kali ini aku kembali tapi ga ngereview produk kecantikan ya but aku mau share ke kalian semua tentang skincare routine aku yang memiliki jenis kulit berminyak. Dulu ya wajahku itu super duper berminyak jadi kalau bangun tidur wajahku tuh kaya kilang minyak tapi sekarang ga begitu parah mungkin karena skincare yang sering aku pakai kali ya jadi minyak di wajah bekurang tapi kadang kulitku berubah jadi kombinasi normal to oily kalau kena cuaca yang dingin kalau kurang minum berubah jadi kombinasi kering dan berimnyak di daerh T-zone aja. Labil emang ni kulit untung orangnya engga :p But untuk sekarang kulitku dalam keadaan oily jadi aku bakalan share skincare routin aku untuk kulit berminyak. Oh iya postinganku kali ini collab sama nixie beaute indonesia  dengan tema my skincare routine


Memiliki kulit berminyak emang gampang-gampang susah sih ngerawatnya biasanya kalau aku enggak cocok sama skincarenya wajah malah berjerawat, bersihin wajah ga bersih juga langsung berjerawat, apalagi kalau lupa cuci muka sebelum tidur udah deh paginya pasti ada jerawat yang udah nangkring di wajah, kalau pas ada tamu bulanan udah jangan ditanya ya itu sih pasti ada entah itu sebelum atau sesudahnya. BTW produk yang cocok di aku belum tentu cocok di kalian ya guys karena kondisi tiap orang kan berbeda-beda meskipun jenis kulitnya sama tapi mudah-mudahan skincare yang aku gunakan ini bisa jadi referensi buat kalian juga yang lagi cari-cari skincare buat kulit berminyak siapa tau kan sama-sama cocok kaya aku gituuuh. So, here are the steps for my skincare routine 

My Morning Skincare Routine 

1. Cleanser


Saat bangun tidur biasanya aku langsung mencuci wajah dengan facial wash untuk membersihkan kotoran yang menempel saat tidur dan membersihkan sisa skincare malam yang digunakan biar ga “tabrakan” sama skincare pagi yang akan digunakan. Harusnya sih ya bangun tidur itu kita harus tetap double cleansing biar lebih bersih gitu tapi aku agak males untuk melakukannya, jangan ditiru ya kalau yang ini. 

Cleanser yang aku gunakan adalah Cethapil Oily Skin Cleanser, cleanser ini dikhususkan untuk yang memiliki kulit berminyak. Jadi facial wash cethapil itu ada 2 jenis yaitu gentle skin cleanser untuk semua jenis kulit dan bisa digunakan untuk seluruh badan dan satu lagi oily skin cleanser khusus untuk yang memiliki kulit combination to oily skin tapi tidak dianjurkan untuk dipakai di seluruh badan yang ini hanya untuk wajah aja. Aku udah nyoba dua-duanya tapi aku lebih cocok dengan yang oily skin cleanser karena emang sesuai dengan jenis kulitku. 

Berbeda dengan yang gentle, cethapil yg oily skin cleanser ini memiliki wangi tapi wanginya ga menyengat kaya wangi sabun bayi gitu enak banget kalau dipakai dan teksturnya cair bening dan setelah dibilas wajah berasa lembut dan lembab ga kesat, jujur aku kurang suka dengan facial wash yang setelah dibilas bikin wajah jadi kesat.

2. Toner 


Step selanjutnya adalah toner. Dulu sih aku sering skip step ini karena ngerasa ga penting tapi sekarang aku baru nyadar kalau toner itu penting banget karena toner itu mampu mengembalikan kondisi kulit jadi normal kembali dan bisa mengangkat kotoran yang masih nempel saat mencuci muka dengan facial wash terus bisa bikin segar juga jadi kulit lebih siap untuk menerima step skincare selanjutnya. Toner yang aku gunakan adalah Janeeta Bee Venom A27 yang acne series jadi toner ini khusus untuk kulit yang berminyak dan berjerawat. Teksturnya cair seperti air dan memiliki wangi tapi wanginya ga begitu menyengat. Aku merasanya setelah rajin mengunakan toner janeeta jerawat yang ada di wajah itu jadi gampang banget keringnya terus wajah jadi lebih segar juga. 

 3. Day cream 


Day cream bisa berfungsi sebagai pelembab juga menurutku. Acne day cream yang aku gunakan adalah Janeeta Bee Venom A27 jadi creamnya itu gampang banget menyerap di wajahku dan bikin kulit glowing setelah digunakan jadi berasa lebih sehat gitu liatnya. Teksturnya seperti cream biasa berwarna putih dengan wangi yang kalem. Aku merasa bekas jerawatku memudar setelah rajin menggunakan acne day cream ini meskipun ga langsung hilang semua tapi setidaknya ada perubahan ngeri juga sih aku kalau memakai produk yang instan reaksinya. 

 4. Sunscreen 


Aku menggunakan dua jenis sunscreen yaitu Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ dan Loreal UV Protection SPF 50 PA++++ Long UVA tapi ga digunakan secara berbarengan ya. Jadi kalau aku ga keluar rumah atau keluarnya cuma ke warung yang dekat rumah aku cukup menggunakan sunscreen emina tapi kalau aku mau berpergian jauh dan terkena sinar matahari yang lumayan terik biasanya aku menggunakan yang loreal. Menggunakan sunscreen di dalam rumah juga penting loh gais. Aku memilih kedua sunscreen ini karena cepat menyerap dan ga bikin kulit berminyak. Tekstur dari kedua sunscreen ini hampir sama dan berwarna putih tapi ga bikin wajah menjadi abu-abu atau lengket.


 5. Lipbalm 


Bukan Cuma kulit wajah aja yang harus dirawat, bibir juga harus dirawat ya biar ga kering kan nanti senyumnya ga manis lagi kalau bibirnya kering. Aku selalu menggunakan tender care blackcurrant dari oriflame karena membuat bibir lebih lembut dan terhindar dari kekeringan. teksturnya creamy dan wanginya blackcurrant banget  

My Night Skincare Routine 

1. Cleanser 


Untuk malam hari aku selalu melakukan double cleansing karena setelah seharian melakukan kegiatan pasti banyak banget kotoran yang menempel di wajah meskipun seringnya menghabisakan waktu di rumah seharian tapi double cleansing itu wajib menurutku apalagi untuk kulit berminyak.

Aku biasanya terlebih dahulu membersihkan wajah dengan Bioderma Hydrabio H2O, micellar water ini bagus banget untuk mengangkat kotoran di wajah sekali usap langsung keangkat kotorannya, untuk mengangkat makeup waterproff biasanya harus 2x usap baru keangkat semua. Hydrabio H2O memiliki konsistensi seperti air dan bahkan cepat menyerap seperti air tapi bedanya micellar water ini memiliki wangi tapi wanginya enak ga menyengat. Setelah selesai membersihkan wajah dengan micellar water aku lanjut ke step ke-2 untuk membersihkan wajah menggunakan cathapil oily skin cleanser. 



2. Toner 


Sama seperti morning skincare, setelah membersihkan wajah aku langsung menggunakan toner dari Janeeta Bee Venom A27 Acne Series cara pakainya juga sama tinggal diusap ke seluruh wajah dan leher menggunakan kapas. 

3. Night Cream


Step selanjutnya aku menggunakan night cream dari Janeeta skin expert Bee Venom A27 Acne Series masih menggunakan merk yang sama dengan day cream. Setelah rutin menggunakan night cream janeeta jerawat di wajah cepet banget keringnya dan membuat wajah lebih cerah serta noda bekas jerawat mulai memudar. Teksturnya lebih creamy dibanding janeeta day cream dan tidak memiliki wangi.


Jika kulitku terasa kering atau dehidrasi aku lanjut menggunakan nature republic untuk dijadikan sleeping mask agar pas bangun tidur wajah lebih lembab tapi aku nggak rutin menggunakan nature republic ini jadi tergantung kondisi kulit saat itu. Cara pemakaiannya cukup oleskan ke seluruh bagian wajah setelah night cream meresap. Teksturnya kaya gel dan gampang banget meresap kemasannya besar dan awet banget. Wanginya enak dan segar banget dikulit pas diolesin ke wajah
Aku sih biasanya tebel banget pakenya tapi hati-hati ya tidurnya jangan miring nanti kena bantal :p 

4. Lipbalm 


Berbeda dengan siang hari, aku lebih senang menggunakan Vaseline repairing jelly untuk area bibir karena bibir lebih terasa lembab besok paginya. Teksturnya padat, berwarna putih dan tidak memiliki wangi.

My Weekly Skincare Routine 

Weekly skincare routine ini adalah hal yang penting juga menurutku karena disini kita akan peeling dan maskeran tapi sebenarnya aku ga rajin juga sih untuk weekly skincare routine ini, kalau lagi rajin bisa nyampe dua kali dalam smeinggu. Jangan diikitun ya gais, untuk hasil yang maksimal emang kudu rajin dan punya niat yang besar :D 

1. Facial scrub 


Setiap seminggu sekali atau seminggu dua kali aku selalu menggunakan wardah lightening facial scrub untuk mengangkat sel kulit mati biar wajah ga kusam-kusam amat lah ya :p facial scrub ini memiliki scrub yang halus dan lembut jadi ga bikin sakit saat scrubbing dan setelah dibilas bikin wajah lembut dan berasa bersih. Menggunakan facial scrub ga boleh tiap hari juga karena akan merusak kulit dan bikin kulit jadi kering. 

2. Masker 


Sekarang aku lagi seneng banget menggunakan masker organic. Nah, masker organic yang sedang aku pakai sekarang ini adalah masker matcha dari adrshop_sk. Masker ini cocok untuk oily skin. Wangi matchanya enak bikin relax saat maskeran dan setelah dibilas membuat kulitku lembut dan lembab.

Nah itulah morning, night, and weekly skincare routine aku yang sedang aku pakai saat ini mungkin kedepannya akan berubah sesuai kebutuhan kulit juga karena kulit kita akan berubah dengan seiring waktu berlalu #tsaaah

Buat kalian yang mau lihat blog temen-temen aku yang ngebahas tentang skincare routine boleh banget klik link Nixie Beaute's Blog Terimakasih sudah membaca blog aku ini semoga bermanfaat ya...... <3

  • Share:

You Might Also Like

37 comments

  1. Wiii lengkap banget day & night skincare routine ya,samaan kita pake tender care 😄

    ReplyDelete
  2. loreal sunscreen nyaa wajib banget nih aku cobaa ahh

    ReplyDelete
  3. Wah kamu cocok yak pake facial scrubnya wardah aku dlu pake itu besoknya muka aku langsung merah2 gtu bep soalnya kayanya dikulit aku butirannya masih gede2 bgt

    ReplyDelete
  4. Iya beb bener banget, aku juga mukanya gitu kalo ga bersih bisa cepet beruntusan dan jerawatan. Biasanya tiap malem sebelum tidur aku pakein aloe vera aja yg tebel biar besoknya aman hihi

    ReplyDelete
  5. Iya beb bener banget, aku juga mukanya gitu kalo ga bersih bisa cepet beruntusan dan jerawatan. Biasanya tiap malem sebelum tidur aku pakein aloe vera aja yg tebel biar besoknya aman hihi

    ReplyDelete
  6. Sama banget aku juga gitu kalo gak dibersihin langsung ada jerawat jerawat manja hehe

    ReplyDelete
  7. wah lengkap bgt nih kak skincare nya, btw aku kita pake sunscreen samaan yaa ^^

    ReplyDelete
  8. Ternyata janeetanya acne ya... Bru bisa coba pas dah lahiran ini... Skrg cukup baca" reviewnya aja dlu deh

    ReplyDelete
  9. banyak banget yang samaan nih kita, tapi tipe kulitku keringg, cukup membantu melembabkan. aku pengen banget coba sunscreen loreal tapi belum sempet beli, jd ingin dirikuu

    ReplyDelete
  10. yeay kita samaan nih kak, aku juga pakai skincare janeeta dan sebagus itu kan kak😍

    ReplyDelete
  11. Aku excited banget sama cetaphil tapi pas tahu hanya bisa buat kulit berminyak aku agak sedih. Karena jenis kulitku kering 😢 tapi tetap ku rekomendasikan untuk temen2 yang punya kulit berminyak.

    ReplyDelete
  12. Aku suka banget nih pake Loreal Sunscreen soalnya bener ga lengket... tapi di aku masih mayan oily sih...

    ReplyDelete
  13. Jenis kulit kita samaan kak kek kilang minyak di pagi hari ��. Aku g pernah pake toner"an tapi liat blog kk trnyata pakai toner juga penting. Bermanfaat banget baca blog kk

    ReplyDelete
  14. Janeeta cocok ya kamu beb?aku pke yang brighteningnya tapi aku pake face cleansernya aja sekarang hihihi

    ReplyDelete
  15. kak siska cocok ya pake janeeta? aku pakai janeeta cekit-cekit terus jadi minyakan banget hihihi

    ReplyDelete
  16. Terdercarenya samaan kita beb. Tp aku mo cari yang blackcurrent blom dapet2

    ReplyDelete
  17. Kita samaan ya kak, sama2 pakai sunscreen wardah

    ReplyDelete
  18. aku hilang fokus di fotonya nih.. lucu banget ada mutiara2nya...
    anw, centaphil kalau di aku, aku pakai yg sabun untuk baby.nya,, utk baby aku... mmng bgs ya produk ini..

    ReplyDelete
  19. dijelasinnya detail bgt. makasih ya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  20. Wahh baca review si janeeta acne nya jadi mau coba deh. Soalnya aku banyak bekas jerawat hitam gituu..

    ReplyDelete
  21. Samaan beb aku jg suka pake aloevera gel jadi sleeping mask, enak banget bener bener adem di muka

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Aku penasaran sama chetapil nya loh beb, abis ini mau coba beli kayanya 😁

    ReplyDelete
  24. Waah samaan nih kak, suka banget sama janeeta. Fave aku banget

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Setrlah baca blog kamu aku jadi mupeng pengen banget cocok sama janeeta skincare.. Enaknya yg sudah ketemu skincare yg cocok dengan hasil luar biasa di kulit..

    ReplyDelete
  27. Pengen deh nyobain Janetta juga keknya keren banget

    ReplyDelete
  28. Banyak yang pake si tender care itu yaa jadi penasaran mau cobain deh

    ReplyDelete
  29. Wkwkw aku tu jarang banget lho yang namanya merawat bibir

    ReplyDelete
  30. Kayaknya aku mo cobain sunscreen loreal deh, karena yg emina minyakan banget di aku.

    ReplyDelete
  31. bagus bagus ih skincarenya, racun semuaaa, btw samaan kita sunscreennyaa hihi

    ReplyDelete
  32. Aku malah suka klu pagi hari kayak kilang minyak 🤣🤣🤣🤣 abisnya kulit ku kering 😂

    ReplyDelete
  33. paling penasaran sama produknya janeeta... semua reviewnya bagussss. jadi pengen coba nieh

    ReplyDelete
  34. Wah jenis kulitnya beda banget nih beb kulitku kering soalnya

    ReplyDelete
  35. Aku juga cocok dan cinta banget sama produk"nya janeeta

    ReplyDelete
  36. bioderma yang biru itu sama yang pink apa bedanya ya? aku oily skin jugaa tp kmrn krn promo yang pink beli yang pink :/

    ReplyDelete
  37. Aku suka banget pakai cetaphil soalnya ringan banget dimuka sama si janeeta day creamnya aku pakai yang acne enak ringan dimuka auto lembab

    ReplyDelete